Agar Cemilan Lebih Bergizi

Seringkali orang tua merasakan kendala dengan sulitnya anak yang malas makan, tetapi lebih memilih makan makanan ringan alias cemilan. Cemilan jika di makan sesuai porsinya tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Tapi, apakah anak anda mengerti dengan batasan- batasan seberapa banyak yang bisa ia makan? Nah, karena pertanyaan  itulah orang tua perlu menjadikan cemilan yang bisa membahayakan kesehatan, agar menjadi lebih bergizi dan dapat dinikmati tanpa rasa khawatir yang berlebihan.

Chicken Nugget

Nugget dikenal sebagai makanan yang sangat banyak mengandung banyak lemak. 5 nugget sudah memenuhi hampir setengah dari kebutuhan lemak anak setiap harinya. Anda bisa mengurangi beberapa gram dengan memilih nugget yang terbuat dari daging dada  dan chicken patties yang mengandung lebih sedikit lemak.

Buatlah nugget versi anda sendiri, dengan menccelupkan daging tanpa lemak ke putih telur, menggulingkannya ke remah roti lalu menggorengnya di oven dengan menggunakan wajan anti lengket dan dengan sedikit minyak canola. Berikan saus barbeque atau saus rendah lemak sebagai celupan.

Kue Kering

Perhatikan ukuran porsi. Secara kasar kebanyakan kue kering mengandung gula dalam jumlah yang sama. Tetapi dalam ukuran saji yang bervariasi. 10 animal cracker, 3 chocholate sandwich cookies 8 wafer vanila sama dengan 150 kalori. Untuk mengontrol porsi, berikan anak 1 dari snack pack baru yang mengandung 100 kalori.

Es Krim

Semakin banyak hiasan di dalam maupun diatas es krim, seperti saus coklat, karamel, dsb. berarti kalori dan lemak yang dikandungnya semakin tinggi. Berilah es krim yang ringan, yang mengandung sekitar setengah kandungan lemak dari es krim biasa. tambahkan pula satu sekop yoghurt beku, selain mengandung sedikit lemak dan kalori yoghurt juga merupakan sumber kalsium.

Pizza

Pesanlah pizza yang tidak mengandung keju atau setidaknya hanya setengah dari biasanya. Pilih juga pizza yang rotinya paling tipis, untuk mengurangi 80 kalori per irisnya. Topping paling bergizi adalah sayuran yang diperkaya dengan vitamin, namun jika memilih daging hendaknya memilih daging ayam atau pepperoni dibanding yang lainnya.

Kentang Goreng

Pesan ukuran terkecil dan berbagilah. Lebih baik memilih kentang yang telah di bekukan karena mengandung setengah lemak dari kentang restoran. Periksa juga label lemak trans karena banyak yan mengandung lemak 3,5 gram per saji. Agar lemak lebih sedikit. potong kentang menjadi segitiga atau bentuk batangan, siram dengan beberapa sendok minyak zaitun dan panggang dengan dibungkus kertas pada suhu 200 derajat celcius selama 20 menit.

One thought on “Agar Cemilan Lebih Bergizi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Caresland powered by WordPress
-->