Buah-buahan sebagai Makanan Pendamping ASI

jambu biji, mangga dan alpukat

Bunda, jangan abaikan buah sebagai makanan pendamping ASI untuk sang buah hati. Si kecil membutuhkan nutrisi, vitamin dan mineral yang ada dalam buah – buahan untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Dibawah ini fakta kandungan nutrisi yang terdapat dalam alpukat, mangga dan jambu biji serta beberapa resep mengolah buah-buahan tersebut untuk sang buah hati.

Alpukat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan sumber energi buat si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan. Juga mengandung protein dan banyak karbohidrat serta vitamin A, beberapa vitamin B kompleks, vitamin C dan E, kalsium, zat besi, dan lain – lain.

Jambu Biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C-nya bisa mencapai empat kali lebih tinggi dari jeruk ukuran sedang dan 10 kali lebih banyak vitamin A dari buah lemon. Jambu biji juga mengandung banyak serat, vitamin B2 dan E, kalsium, zat besi dan lain-lain.

Sedangkan buah mangga banyak mengandung zat besi (bagus juga untuk wanita hamil), vitamin A (betakaroten), vitamin E, selenium, kalsium, magnesium, serat dan lain-lain.

Puree Alpukat

  • 50 gr alpukat, kupas dan potong – potong
  • 3 sdm (30 ml) air matang/jus jeruk/ASI

Blender alpukat hingga lembut, tuang ke mangkuk. Tambahkan cairan, aduk rata. Segera berikan pada bayi

Puree Jambu Biji Merah

  • 100 gr Jambu biji merah, kupas dan potong-potong
  • 15 sdm (150 ml) air matang/jus jeruk/ASI

Blender jambu dan air hingga lembut.  Saring kemudian segera berikan pada bayi

Puree Mangga

  • 50 gr mangga arummanis/manalagi/madu yang matang
  • 2 sdm air matang/jus jeruk/ASI

Mangga dipotong – potong kemudian diblender hingga lembut, tuang ke mangkuk. Tambahkan air dan aduk rata. Segera berikan pada bayi.

Sumber: Variasi Makanan Sehat Bayi oleh Wied Harry Apriadji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Caresland powered by WordPress
-->