Fakta Bintik Hitam Pada Pisang

Pisang merupakan salah satu buah asli Indonesia yang amat sangat mudah didapat karena tidak diperlukan musim khusus untuk pisang. Pisang bisa berbuah disegala musim, dan mudah untuk menanamnya. Banyak sekali jenis pisang yang ada dipasaran, ada pisang yang bisa dapat langsung dimakan seperti pisang ambon, pisang raja sereh, pisang lampung, ada pula pisang yang perlu pengolahan terlebih dahulu untuk memakannya seperti pisang tanduk, pisang uli, pisang nangka, ada juga pisang yang sedap diolah sebagai tambahan bahan makanan seperti pisang batu yang sedap jika ditambahkan ke sambal rujak buah, rujak tumbuk dan juga rujak cingur.

Tapi, pisang seperti apakah yang akan dipilih oleh kita? Nah, biasanya nih orang akan cenderung memilih pisang yang kulitnya masih mulus dengan warna kulit cerah. Kita pasti akan menghindari pisang yang sudah terlalu tua, dan kulit sudah mulai mengeluarkan bercak atau bintik kehitaman. Tetapi ternyata tidak banyak bahkan mungkin belum ada yang tau fakta sebenarnya tentang bintik kehitaman pada kulit pisang.

Pisang kaya dengan kandungan vitamin A, B6, C, sehingga pisang sangat baik untuk mempertahankan daya tahan tubuh kita dari serangan penyakit. Kandungan kalsiumnya yang tinggi baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kandungan karbohidrat dalam pisang juga cukup tinggi jadi cukup sebagai asupan kalori. Pisang juga mengandung flavanoid yangberfungsi sebagai pencegah kanker. Selain itu pisang memiliki kandungan zat anti karsinogen dan antioksidan sehingga bagus untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan radikal bebas dan zat lain pemicu kanker.

Fakta sebenarnya dari pisang yang banyak dihindari tersebut, pisang dengan bintik hitam dikulitnya ternyata memiliki khasiat lebih besar dari pisang yang kulitnya masih mulus dan berwarna cerah. Karena ternyata pisang yang sudah matang dengan bintik kehitaman pada kulitnya menghasilkan zat TNF (Tumor Necrosis Factor), yaitu suatu zat yang memiliki kemampuan untuk memerangi sel-sel yang abnormal penyebab kanker.

Semakin matang dan semakin gelap bintik kehitaman pada pisang maka akan semakin tinggi kandungan TNFnya karena mengandung dua senyawa, yaitu senyawa serotonin dan dopamine, sehingga kekebalan tubuh seseorang pun akan terus meningkat.

Jadi mulai sekarang jangan langsung buang jika pisang dirumah sudah mulai menampakkan bintik kehitamannya, atau mulailah berburu pisang yang lebih matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Caresland powered by WordPress
-->