Kiat Mengatur Pola Makan Anak

Peranan orang tua  dalam membentuk dan mengatur pola makan anak terutama saat mulai MPASI hingga balita sangatlah berpengaruh besar terhadap perkembangan pola makannya kelak saat dewasa. Karena jika salah maka bisa jadi anak akan kekurangan gizi atau sebaliknya menjadi obesitas.

Pola makan pada anak amat tergantung dari lingkungan sekitarnya, tapi yang lebih dominan adalah peranan lingkungan keluarga. Jika orangtua menyukai makanan rendah lemak, berserat tinggi, maka akan sangat mungkin anak pun akan mempunyai pola makan yang sama.

Cara Mengatur Pola Makan

Berikut adalah tips cara dalam mengatur pola makan yang baik untuk anak anda:

  1. Camilan. Berikan camilan 2-3 kali disela-sela jadwal waktu makan utamanya.  Camilan berguna supaya anak tidak terlalu kelaparan menunggu waktu makannya, karena jika anak terlalu lapar maka akan membuat porsi makan utamanya menjadi lebih besar. Lebih baik berikan camilan berupa buah, produk susu rendah lemak, atau kacang-kacangan, bukan snack asin.
  2. Sarapan pagi. Sarapan pagi penuh gizi sangat diperlukan untuk konsentrasi dan energy dalam aktivitasnya sepanjang hari.
  3. Matikan TV. Makan sambil menonton TV akan berakibat buruk. Anak anda akan kehilangan control pada saat makan karena konsentrasinya pecah terhadap acara TV, dan bisa makan dalam jumlah berlebih sehingga dapat memicu obesitas.
  4. Berikan contoh. Orangtua harus menjadi contoh yang baik bagi anaknya dalam hal makan. Usahakan untuk selalu makan bersama dalam satu meja sehingga anak anda akan semangat untuk mencicipi berbagai makanan yang anda sajikan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Caresland powered by WordPress
-->