Makanan Yang Tidak Baik Untuk Bayi

Dalam perkembangan bayi dibutuhkan banyak nutrisi yang baik. Tapi ternyata kita sebagai orang tua mungkin tidak menyadari bahwa yang diberikan kepada bayinya termasuk dalam katergori junk food, tinggi kadar garam, atau gula, dan rendah nutrisi. Dan makanan junk food pada bayi lebih berbahaya efeknya daripada orang dewasa.

Berikut adalah makanan yang sebaiknya dihindari untuk bayi:

Soda

Soda biasa mengandung satu ton gula, ini tentu akan merusak perkembangan gigi bayi anda. Jadi apakah itu minuman soda jenis biasa ataupun diet tidak akan memberikan nutrisi apapun untuk bayi.

Sari Buah Dalam Kemasan

Sari buah atau jus memang terbuat dari buah, tetapi belum tentu itu menyehatkan. Serat dalam buah segar sebagian besar hilang saat pemrosesan berlangsung, dan yang tersisa adalah kadar gulanya yang banyak. Gula dalam sari buah tersebut dapat mempercepat perjalanan makanan melalui saluran pencernaan. Hal ini dapat juga menyebabkan bayi terkena diare.

Crackers

Para produsen pembuat makanan bayi memproduksi makanan ringan atau camilan dengan tujuan supaya bayi dapat dilatih dalam mengunyah makanan dan memegang makanannya sendiri. Tapi ternyata kandungan gula dan garam pada setiap makanan ringan itu tetap terlalu tinggi untuk ukuran bayi dan juga tanpa nutrisi. Lebih baik berikan buah potong untuk camilan atau selingan makanan untuk bayi anda.

Makanan Olahan

Memberikan makanan olahan seperti mie instan atau pasta kalengan tidak ditujukan untuk bayi. Karena banyak nutrisi yang hilang saat proses pengolahan makanan tersbut, ditambah lagi kandungan zat adiktif, gula, garam, sodium yang tinggi sebagai pengawet makanan.

Lebih baik para ibu memberikan mie atau pasta yang dimasak atau diolah sendiri dengan topping potongan tomat, daging cincang, serta keju parut.

Hidangan Mengandung Gelatin

Banyak orang tua mengira bahwa makanan yang mengandung gelatin baik bagi anak terutama bayi mereka. Karena menganggap gelatin adalah makanan yang mengandung protein karena berasal dari olahan tulang hewan. Tapi pada dasarnya makanan tersebut sudah mengandung pewarna, pemanis, dan perasa buatan.

Lebih baik berikan apel panggang yang dihaluskan dan diberikan taburan bubuk kayu manis, karena memilik rasa manis alami, mengandung serat, serta penuh dengan vitamin yang berguna bagi tubuh bayi serta anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Caresland powered by WordPress
-->