Mengatasi Anak Susah Makan

Apakah anak Anda mengalami susah makan? Untuk membantu kita mengatasinya, perlu dilihat kembali kebiasaan yang kita terapkan sejak bayi.

Apakah sudah mengikuti pedoman dasar pola makan?
Penting sekali untuk menyesuaikan pengenalan makanan sesuai umurnya. Baca disini

Apakah porsi susu diberikan secara berlebihan?
Hal ini juga bisa menyebabkan anak susah makan, karena sudah kenyang oleh susu. Untuk itu atur jam minum susu anak, dan jangan selalu mengikuti kemauan anak. Karena ini juga akan merugikan si anak di kemudian hari. Cukup berikan susu 2 gelas per harinya.

Atur jadwal makan anak dengan teratur
Membiasakan sarapan, makan siang dan malam sesuai jadwal sejak dini akan menghasilkan pola makan yang baik bagi anak dan gizi yang seimbang. Bila waktu makan dan sarapan tidak teratur karena bangun terlalu siang, bisa membuat anak susah makan. Karena bila ia melewati waktu makannya, biasanya tidak terasa lapar. Jika dibiarkan dengan sendirinya asupan gizi tidak didapatkan dengan baik.

Apakah anak sering ngemil?
Bila anak sering ngemil atau mendapatkan makanan selingan yang disukai secara berlebihan, ini juga dapat mengganggu napsu makannya. Apalagi bila makanan selingan terlalu asin atau manis, sehingga membuatnya minum terus. Ini dapat menyebabkan anak kenyang sebelum makan.

Sebaiknya makanan selingan diberikan di antara jam makannya. Dan perhatikan juga jenis selingan apa yang baik untuk anak. Tambahan protein, sayuran ataupun sumber hidrat arang akan sangat baik. Tidak hanya berupa gula dan kalori kosong saja.

Ciptakan suasana makan yang nyaman

  • Ajari anak makan dengan cara makan yang baik. Sediakan tempat makan untuk anak. Sebisa mungkin tidak membiasakan anak makan sambil berjalan-jalan.
  • Beri suasana yang menyenangkan disertai ajakan makan penuh kasih, karena anak sudah bisa berimajinasi apa yang disampaikan oleh orang tuanya.
  • Coba tambahkan hal yang disenanginya, seperti misalnya sambil bercerita, mengerjakan mainannya atau dengan dinyalakan musik kesukaannya. Yang penting sambil duduk di tempat makannya.
  • Sesekali ajak anak makan bersama di meja makan bersama anggota keluarga lainnya. Dia akan terpacu untuk mengikuti apa yang dimakan oleh orang tuanya sambil belajar makan makanan yang dia belum biasa. Ini dapat menambah napsu makan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Caresland powered by WordPress
-->