Pengenalan MPASI Pada Bayi

Saat bayi anda sudah memasuki usia 6 bulan maka sudah saatnya bayi anda diperkenalkan kepada makanan tambahan atau yang sering kita kenal dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Karena saat usia 6 bulan ASI ekslusif atau susu formula yg anda berikan dari awal lahir, asupan gizinya sudah tidak mencukupi untuk menunjang pertumbuhan tubuh bayi anda.

Tahapan pengenalan MPASI pada bayi:

  1. Berikan secara bertahap baik itu dari segi porsi, jenis, dan kekentalan. Berikan bertahap mulai dari 1 sendok dengan 1 jenis makanan dan semi cair. Ada baiknya pemberian pertama dalam seminggu adalah buah. Karena buah mudah dicerna dan diserap oleh tubuh , serta minim resiko alergi, seperti pepaya, pisang, alpukat.
  2. Perkenalkan satu persatu makanan dan lihat reaksi bayi terhadap makanan tersebut. Jangan paksakan jika bayi tidak menyukai rasa makanan tersebut. Ganti dengan makanan pendamping lain, dan berikan makanan yang ditolaknya tadi beberapa hari kemudian.
  3. Mulai dengan kekentalan semi cair dan lembut, karena bayi baru belajar makanan, seperti puree buah, bubur susu, dan bubur sayuran.
  4. Saat bayi berusia 8 bulan, bayi sudah bisa mulai diperkenalkan dengan makanan semi padat berupa tim saring halus.
  5. Memasuki usia 12 bulan, bayi sudah bisa diberikan nasi tim lebih padat atau makanan keluarga. Namun tetap hindari makanan pedas, berbumbu tajam, terlalu asam, yang dapat menganggu organ pencernaan.
  6. Saat usia 12 bulan juga bayi sudah bisa diberikan finger food atau makanan yang dapat dipegang sendiri seperti buah potong, sayuran rebus, snack/camilan sehat dan bergizi buatan sendiri untuk melatih gerakan motoriknya.
  7. Selalu perhatikan kebersihan selama proses pengolahan dan tempat makanan yang akan digunakan untuk bayi anda.

Cara pengenalan makanan pendamping ASI ini sebaiknya harus benar-benar diperhatikan oleh orangtua, karena organ pencernaan bayi belum sempurna seperti orang dewasa, serta menghindari infeksi usus karena bayi yang terbiasa hanya menerima asupan ASI kaget karena langsung diberikan makanan padat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Caresland powered by WordPress
-->