Saat Tepat Memulai MPASI

Melihat bayi bertumbuh kembang dengan baik tentunya sangat membahagiakan kedua orangtuanya.

Saat-saat membesarkan bayi seperti ini, para orangtua terutama orangtua baru seringkali diliputiberbagai pertanyaan yang salah satunya terkait dengan pemenuhan nutrisi bayi. Sudah cukupkah nutrisi yang diberikan melalui ASI atau susu formula? Perlukah bayi mendapatkan tambahan makananpendamping ASI (MPASI)? Kapankah saat yang tepat untuk memberikan MPASI  kepada bayinya?, dan lain sebagainya. Meskipun kebanyakan orangtua mulai memperkenalkan MPASI sejak bayiberusia 4 bulan, namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan dokter spesialis anak di seluruh dunia menyarankan untuk baru memperkenalkan MPASI saat anak memasuki usia 6 bulan ke atas.

Dasar Pemberian MPASI 6 Bulan

Ada banyak alasan mengapa WHO tidak memperbolehkan pemberian MPASI kepada bayi di bawah usia 6 bulan, di antaranya yaitu:

  1. Sistem pencernaan bayi di bawah usia 6 bulan belum terbentuk sempurna. Selain itu tubuh bayi juga belum dapat memproduksi antibodinya sendiri. Pengenalan MPASI sebelum usia 6 bulan akan meningkatkan risiko bayi mengalami alergi dan masalah kesehatan lainnya di kemudian hari.
  2. Bayi di bawah usia 6 bulan belum memiliki kemampuan untuk mengunyah dan menelan makanan padat maupun makanan semi padat. Pengenalan MPASI di bawah usia 6 bulan dapat membuat bayi tersedak bahkan secara refleks memuntahkan makanannya. Hal ini menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi yang pada giliran selanjutnya akan mempersulit proses pengenalan MPASI dan cenderung membuat bayi melakukan gerakan tutup mulut terhadap MPASI yang ditawarkan kepadanya.
  3.  Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa pengenalan MPASI pada bayi di bawah usia 6 bulan cenderung dapat meningkatkan terjadinya obesitas atau kegemukan pada bayi. Ini terkait dengan belum sempurnanya sistem pencernaan bayi sehingga nutrisi yang terkandung di dalam MPASI tidak dapat terserap dengan baik. Nutrisi yang tidak terserap ini diubah menjadi timbunan lemak di dalam tubuh bayi.
  4. Pengenalan MPASI pada bayi di bawah usia 6 bulan menyebabkan terjadinya kekurangan zat besi pada bayi. Kandungan zat besi dalam ASI memang lebih sedikit daripada dalam susu formula dan MPASI. Namun zat besi yang terkandung di dalam ASI tersebut lebih mudah diserap oleh tubuh bayi daripada yang terkandung dalam susu formula maupun MPASI. Memberikan MPASI yang kaya zat besi pada bayi di bawah usia 6 bulan bukannya dapat menambah zat besi bagi tubuh bayi justru sebaliknya akan mengurangi kemampuan tubuh bayi dalam menyerap zat besi tersebut. Usus bayi berhenti menyerap zat besi yang terkandung dalam ASI saat berkontak dengan MPASI. Inilah yang menyebabkan terjadinya kekurangan zat besi pada bayi.

Mengingat berbagai risiko di atas, saran WHO untuk memperkenalkan MPASI pada bayi usia 6 bulan ke atas sangatlah tepat. Sebelum memperkenalkan MPASI, sebaiknya orangtua berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak agar dapat memberikan MPASI yang tepat sesuai dengan kondisi bayi.

Saat memperkenalkan MPASI untuk pertamakalinya, mulailah memberikan MPASI dengan tekstur cair. Meskipun gigi seri bayi mulai tumbuh pada usia tersebut, namun bayi belum memiliki gigi geraham untuk melumat makanannya. Saat bayi sudah mulai terbiasa, tingkatkan kekentalan MPASI sampai ke tekstur yang lebih padat. Biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum membuat MPASI dan mensterilkan perlengkapan makan bayi sebelum digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Caresland powered by WordPress
-->