Tips Mengolah Ikan

Penggemar makanan laut pasti menyukai ikan. Daging ikan yang empuk dan rasanya yang gurih disukai banyak orang, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Bagi mereka yang menjalankan pola hidup sehat, daging ikan merupakan pilihan pertama sebagai lauk dalam menu sehatnya dibandingkan dengan daging sapi ataupun daging unggas. Kandungan proteinnya yang tinggi tanpa disertai lemak jahat menjadikan daging ikan juga sangat disarankan untuk disertakan dalam menu anak-anak sebagai penunjang kecerdasannya tanpa mengakibatkan kegemukan.

Meskipun daging ikan sangat digemari, namun banyak penggemar daging ikan yang mengalami kesulitan dalam mengolah ikan secara benar. Bila pengolahannya kurang benar, daging ikan dapat hancur dan merusak penampilannya, bahkan dapat pula nutrisi yang terkandung di dalamnya ikut rusak. Bila terlalu lama dimasak, daging ikan akan keras dan kehilangan kesegarannya.

Tips Mengolah Ikan yang benar

Bagaimana agar daging ikan tetap cantik penampilannya dan nutrisinya tetap terjaga setelah dimasak? Berikut adalah beberapa tips mengolah ikan yang benar:

  1. Sebelum mengolah ikan, pastikan ikan masih segar dengan ciri-ciri matanya bening, sisiknya mengkilat, dagingnya kenyal namun tidak keras bila ditekan, dan berbau amis khas ikan. Bila tercium aroma lain, seperti bau ammonia, sebaiknya jangan digunakan. Itu artinya ikan tidak segar lagi dan bahkan dapat mengakibatkan keracunan bagi yang mengkonsumsinya.
  2. Bila akan digoreng, sebaiknya ikan dilapisi terlebih dahulu dengan telur dan tepung panir. Selain memperkaya rasa, melapisi ikan dengan tepung panir ini akan melindungi daging ikan agar tidak mudah hancur saat digoreng.
  3. Kerat-kerat daging ikan dan beri sedikit mentega saat membuat ikan panggang/bakar. Mentega ini dapat membuat daging ikan tetap lunak dan matang sempurna saat dipanggang/dibakar. Gunakan api sedang untuk memanggang/membakar ikan.
  4. Saat mengukus ikan, letakkan ikan di antara dua piring yang masing-masing permukaannya telah dilumuri mentega atau bungkus ikan dalam kertas aluminium. Tujuannya agar kaldu ikan tidak ikut terbuang bersama uap air pengukusnya sehingga tidak mengurangi rasa segar dari ikan.

Anda punya ikan yang siap diolah di dapur Anda? Semoga tips mengolah ikan ini dapat membantu Anda menciptakan kreasi masakan ikan yang tidak hanya lezat, cantik penampilannya, namun juga tetap terjaga nutrisinya. Selamat memasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Caresland powered by WordPress
-->